Minggu, 04 Maret 2012

4 Cara Menjadi Salesman Sukses


Saat ini lapangan pekerjaan yang banyak tersedia adalah di bidang penjualan,kerennya di sebut Salesman atau Sales Executive.tidak sedikit orang yang gagal berkarir dalam bidang ini.karena tidak memiliki kemampuan dan tidak mengerti apa yang harus dikuasai oleh seorang salesman.

 

berikut tips untuk menjadi salesman sukses ;

1.Pintar Bicara

 Seorang salesman wajib memiliki kemampuan ini,dengan kemampuan menyusun kata-kata yang baik calon pembeli dapat menerima informasi dengan baik sehingga tertarik dengan produk yang anda tawarkan.perhatikan gaya bicara anda jangan terlalu formal dan jangan berlebihan,berbicaralah seperti anda bicara pada seorang teman yang anda hargai.

2.Membaca Karakter

 Banyak tenaga penjual yang tidak memiliki kemampuan yang satu ini.kemampuan ini harus di asah dengan cara mempelajari karakter orang yang sudah pernah anda temui/presentasikan.sehingga anda mempunyai pengalaman saat menghadapi dan menguasai karakter calon pembeli atau konsumen lain.konsumen akan merasa nyaman jika bertemu/berbicara dengan salesman yang mengerti karakternya.

3.Penguasaan produk

  Salesman yang handal mengetahui secara detail kelebihan dan kekurangan produk yang dijual.serta menguasai kelebihan dan kekurangan produk kompetitor.sehingga pada saat presentasi kepada calon pembeli anda dapat melakukan perbandingan kelebihan produk anda dengan kekurangan produk kompetitor.jangan ragu untuk memberitahukan sedikit kekurangan produk yang kita jual,calon pembeli sangat membutuhkan informasi yang lengkap dari produk yang akan dibeli.dan sangat menghargai seorang salesman yang jujur mau memberitahukan sedikit kekurangan produknya.

4.Finisher

 Setelah menguasai semua tips di atas,inilah hal yang paling penting.salesman harus mampu menjadi Finisher untuk menhasilkan penjualan kepada calon konsumen yang telah diberikan presentasi produk.lakukan finishing dengan cara melakukan negosiasi terbuka mengenai kemampuan pembayaran,cara pembayaran dari produk yang di inginkan calon pembeli.





Seorang salesman yang sukses akan mempunyai jenjang karir yang lebih cepat dibandingkan bidang lain misalnya accounting.

Semoga tips ini berguna untuk anda.


7 komentar:

  1. membaca karakter calon konsumen sangat sulit dan tidak mudah tapi kalau kita bisa mampu melakukannya ini bisa membantu dalam memenangkan hati pembeli ya,, saya pun mesti banyak belajar dalam hal ini
    terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  2. Komunikatif adalah syarat utama untuk menjadi salesmen sukses. Artikel ini menarik sekali, semoga tips-tips yang disampaikan disini bermanfaat untuk banyak pihak.

    BalasHapus
  3. Pintar bicara atau pandai melebay memang modal utama para karyawan yang bergerak di bidang pemasaran.

    BalasHapus
  4. Bagaimana caranya belajar membaca karakter orang?

    BalasHapus
  5. satu lagi, "jangan pernah menyerah"

    BalasHapus
  6. saya baru memulaii...
    bagus jg cara nya

    BalasHapus
  7. sya akan coba mempraktekanya.,.,thanks info yg sgt bermanfaat ini.,.,salam sukses !!!

    BalasHapus

www.vodkamelon.blogspot.com